Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Penggelapan Kapal Berbendera Malaysia

105
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus.

Jakarta – Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan menangkap kasus pidana pelayaran, penggelapan, pencurian dan pengerusakan kapal IK Merdeka Nomor IMO 8313922 bendera Malaysia (milik perusahaan Singapura) terjadi di perairan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus mengatakan, para tersangka berhasil diamankan yakni, IR, THS, dan JC. Para tersangka juga mempunyai perannya masing-masing.

Selain itu, para pelaku (Orang Indonesia) ini mempunyai perannya Masing – masing seperti, IR sebagai nahkoda, THS sebagai pengurus dokumen dan JC pengurus biaya,” jelas Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (23/12/19).

Sementara itu, Kasubdit III Ditreskrimsus Pda Metro Jaya Akbp. Ganis Setyaningrum juga mengatakan, kejadian bermula saat 11 Januari 2018. Kapal itu seharusnya berada Merak Banten kemudian tujuan ke Malaysia. Namun para pelaku sengaja membelokan kapal tersebut ke Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Jadi kapal tersebut mulai dari merak Banten ingin berlayar ke Malaysia karena kapal ini milik PT. Malaysia. Suratnya untuk ijin berlayar ke Malaysia, akan tetapi malah diarahkan ke Tanjung Priok Jakarta Utara tanpa melaporkan ke Syahbandar,” pangkas.

loading...
loading...