Kondisi Lalu Lintas dan Arus Balik Terkini Ciamis

269

Dua hari setelah Hari Raya Idul Fitri, kepadatan arus balik kendaraan tampak terjadi di jalur Cihaurbeti Ciamis Jawa Barat, didominasi kendaraan roda 4 dan roda 2 yang menuju ke Bandung dan Jakarta.

Ciamis – Jajaran Satlantas Polres Ciamis terus berupaya mengatur dan memantau arus lalu lintas di wilayah kab Ciamis dan Pangandaran. Hal tersebut dilakukan guna memberikan pelayanan pada masyarakat yang sedang melaksanakan libur jelang Hari Raya Idul Fitri serta dalam rangka melaksanakan Operasi Ketupat Lodaya 1440 H.

Info

“Keadaan Lalu Lintas pada malam hari tepatnya Jum’at (07/06/2019) di simpang tiga Sukamulya Cihaurbeti sekira pukul 20:30 WIB, lalu lintas dari arah Ciamis menuju Bandung-Jakarta begitu juga arah sebaliknya terpantau padat lancar,” Demikian dikatakan Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Bima Gunawan Jauharie, S.IK, saat diwawancarai media ini di tengah-tengah kesibukannya memantau dan mengatur kendaraan yang melewati wilayah hukum Polres Ciamis.

Bima mengatakan kondisi terkini lalin di wilayahnya terpantau padat dan lancar. Kendati demikian Jajaran Satlantas Polres Ciamis sesuai arahan Kapolres tetap bekerja dan tetap siaga. “Kendaraan yang melewati Ciamis dari kedua arah tetap banyak karena menurutnya selain arus balik, masyarakatpun masih ada yang melakukan mudik dan juga ada yang melakukan wisata seperti ke pantai Pangandaran dan objek wisata lainnya, saat ini di Ciamis sendiri rekayasa lalu lintas tidak di berlakukan sistem buka tutup dan one way, kedua sitem tersebut itu hanya dilakukan di wilayah Tasik dan Garut tepatnya di jalan raya Gentong- Malangbong dan Nagerg,” tuturnya.

Volume kendaraan terpantau padat maka kita lebih mengarahkan para pengendara untuk mengambil dan memilih jalur-jalur Alternatif seperti persimpangan pos Cihaurbeti bisa masuk ke Panumbangan-Panjalu-Ciawi dan Pamoyannan, arah yang masuk dari Jawa Tengah dan Kota Banjar kita lakukan rekayasa di Alun-Alun Kota Ciamis untuk menempuh jalur Kawali-Cikijing Majalengka dari sana bisa langsung ke wilayah Sumedang atau masuk ke dalam Tol Cipali, sedangkan untuk pengendara ke arah Tasik bisa melalui Singaparna-Garut.

BACA JUGA:  Kapolda & Wakapolda Maluku Sambut Kunjungan Irwasum Mabes Polri

“Polres Ciamis terus melakukan jalinan komunikasi dan  kerjasama dengan Polres Banjar, Polres Tasik dan Polres Garut serta Polres Sumedang guna memantau situasi kondisi jalan,” akunya. Bima menghimbau kepada para pemudik untuk tetap mematuhi rambu-rambu lalulintas serta tetap memperhatikan keselamatan di jalan raya. Jangan mengendarai kendaraan secara ugal-ugalan, pastikan kendaraan anda layak jalan dengan memeriksa Rem serta melengkapi surat surat kendaraan seperti SIM dan STNK dan kelengkapan lainya.

“Jika lelah di perjalanan istirahlah di tempat atau posko posko yang tersedia  yang telah kami siapkan serta periksalah kendaraan anda pada saat istirahat, jika semua dilakukan maka dalam melakukan mudiknya Insya Allah akan berjalan dengan lancar dan selamat,” sambung Bima.

Polres Ciamis dalam hal ini anggota Satlantas dibantu anggota lainnya terus berusaha melakukan pelayanan yang terbaik dengan cara menghimbau pada pemudik untuk tetap berhati hati serta menghimbau untuk mematuhi peraturan rambu rambu lalulintas serta mengutamakan keselamatan di jalan,hal demikian di samping untuk meminimalisir tingkat angka kecelakaan juga untuk membuat rasa aman bagi para pengendara yang akan melakukan arus mudik dan juga arus balik,”pungkasnya. (Jurnalis F.41)

loading...