Kejaksaan Kota Sukabumi Tetapkan Lima Tersangka Dalam Penyelewengan NUSP-2 2016-2018

181

Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Jawa Barat, menetapkan lima tersangka dalam penyelewangan dana Neighborhood Upgrading and Shelter Project phase-2 (NUSP-2) pada tahun anggaran 2016 – 2018.

Sukabumi I Dalam pengungkapan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) anggaran NUSP-2 atau Program Penanganan Kawasan Permukiman Kumuh senilai Rp 570 juta. Ahirnya menetapkan lima tersangka berinisial TFK, EP, AS, YS, dan RDS.

“Adapun penyalahgunaan dana program NUSP-2 terungkap dipelaksanaan 18 titik wlayah Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, seperti pada pembangunan gorong-gorong, jalan, MCK, dan lain-lain,” ucap Kajari Kota Sukabumi Ganora Zarina dalam konferensi pers yang digelar Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Rabu (4/12).

Ganora Zarina memaparkan, NUSP-2 tersebut merupakan dana pinjaman Asian Development Bank (ADB) kepada Pemerintah RI melalui Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Berdasarkan SK Walikota Nomor 61 tahun 2015, telah ditetapkan beberapa kelurahan yang mendapatkan dana NUSP-2 yang diantaranya adalah Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, namun dalam realisasi pembangunan terjadi dugaan penyalahgunaan anggaran tersebut,” katanya.

Lanjut Ganora, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Sukakarya tahun 2016, mendapatkan dana NUSP fase 2 sebesar Rp 1 Miliar. Kemudian pada tahun 2017 menerima dana NUSP-2 sebesar Rp 900 Juta. Serta pada tahun 2018 mendapatkan dana NUSP-2 sebesar Rp 500 Juta,” jelasnya.

Setelah adanya laporan dugaan penyalahgunaan anggaran dalam bantuan NUSP-2 di Kelurahan Sukakarya, dari hasil pemeriksaan saksi dan tersangka, barang bukti surat dan pemeriksaan ahli, baik dari ahli teknis dan tim audit keuangan negara, tim Lidik menemukan indikasi penyimpangan pelaksanaan program NUSP-2 pada BKM Sukakarya,” kata Ganora.

Kejaksaan menemukan indikasi bentuk penyimpangan adanya mark-up dalam pembelian bahan material dari kegiatan tahun 2016, 2017 dan 2018. Adanya selisih volume dan tidak sesuainya spesifikasi dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang tertuang alam rencana keswadayaan masyarakat.

BACA JUGA:  Gerak Cepat, Polres Merauke Berhasil Amankan Pelaku Pencurian

“Secara detail kami menemukan adanya manipulasi Laporan Pertanggungjawaban Pekerjaan (LPJ) dari BKM Kelurahan Sukakarya. Untuk itu kami melakukan pemeriksaan terhadap lima tersangka ini,” tandas dia.

loading...
loading...