Diduga Langgar Kode Etik, Propam Polri Periksa Kapolres Kampar

125

Jakarta – Kapolres Kampar Akbp. Asep Darmawan perwira menengah yang merupakan Kapolres Kampar tengah menjalani pemeriksaan usai dicopot dari jabatannya. Asep diperiksa interal lantaran diduga melanggar disiplin dan kode etik.

“Yang bersangkutan diperiksa dengan dugaan melanggar disiplin dan juga kode etik,” kata Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. ketika dikonfirmasi, Kamis, 21 November 2019.

Sigit menuturkan, usai memeriksa Asep, Propam Polri akan menggelar rapat untuk menentukan jenis sanksi yang akan dijatuhkan, apakah sanksi disiplin atau kode etik.

“Saat ini masih berlanjut proses pemeriksaannya, untuk sanksi akan dijatuhkan salah satu setelah dirapatkan,” ucapnya.

Mantan Kapolres Kampar Akbp. Asep Darmawan di mutasi dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar. Padahal Asep baru saja diangkat dalam jabatan tersebut yaitu pada September 2019 lalu.

Akbp. Asep Darmawan diganti lantaran tak memperhatikan arahan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si saat HUT Brimob di Depok Jawa Barat.

Dari informasi yang diterima, Asep dicopot lantaran tak memperhatikan atau mengobrol saat Kapolri Jenderal Idham Azis memberikan pengarahan saat HUT Brimob di Depok beberapa waktu lalu.

“Ya benar (dimutasi),” kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019.

Akbp. Asep Darmawan pun dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri. Posisi Asep digantikan Akbp. Mohammad Kholid yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Riau.

Kapolri Jenderal Idham Azis menjelaskan alasan mencopot Kapolres Kampar, Provinsi Riau, Akbp. Asep Darmawan.

Kapolri mengatakan, dasar pencopotan dilakukan karena Asep dinilai menyalahi etiket. Selain terlambat datang saat Idham memberi pidato dalam apel di Mako Brimob, Asep juga disebut memiliki masalah etika lain yang tidak disebutkan kapolri.

BACA JUGA:  Polri Pastikan Dua Anggota Polisi Aktif Pelaku Penyerang Novel Baswedan

“Masalah Kapolres Kampar itu tidak hanya masalah ketika dia terlambat apel. Tapi di situ juga terselip masalah etiket. Sebagai kapolres, kasatwil, dia adalah teladan dan harus ditindak,” kata Idham dalam rapat kerja dengan Komisi III di DPR RI, Rabu (20/11/2019).

loading...
loading...