5 Tahun DPO, Polisi Ringkus Pelaku Penggelapan dan Pemalsuan Surat Tanah

570

Sumut – Personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Utara mengamankan Robby Meyer, daftar pencarian orang (DPO) selama lebih kurang lima tahun dalam kasus penguasaan lahan seluas 5 hektare di kawasan Medan Polonia, Kota Medan.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumatera Utara Kombes. Pol. Andi Rian mengatakan, Robby Meyer ditangkap aparat keamanan di rumahnya kawasan Jalan Karya I Nomor 12 Komplek Pemda, Kelurahan Karang Barombak, Kecamatan Medan Barat. Rabu (09/09/2019).

Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumatera Utara, peristiwa penangkapan itu, Selasa (10/09/2019) pada pukul 23.00 Wib. Berdasarkan informasi masyarakat menyebutkan bahwa Robby Meyer berada di rumah tersebut. Kemudian, personel Subdit II Harda–Bangtah Ditreskrimum Polda Sumatera Utara langsung turunkan ke lokasi, untuk menjemput DPO yang tengah berada di rumahnya itu.

Namun, ketika pintu depan rumah tersebut digedor–gedor oleh petugas kepolisian dan tidak ada yang membuka. Bahkan petugas hampir menunggu selama lebih kurang 7 jam dan sebelum dilakukan penangkapan terhadap Robby Meyer, ujarnya Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumatera Utara.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumatera Utara menyebutkan, sebelumnya kasus Robby Meyer dilaporkan ke Polresta Medan pada tahun 2010, karena terlibat dugaan kasus pemalsuan surat dan memberikan keterangan palsu dalam pembuatan akta autentik.

Objek lahan seluas 5 hektare itu, nilai asset kini ditaksir mencapai Rp.100.000.000.000,- (Seratus milliar rupiah). Pada tahun 2011, LP kasus tanah tersebut sempat dihentikan, namun pelapor kemudian melakukan gugatan prapradilan dan dikabulkan pengadilan untuk membuka kembali kasus itu.

Robby Meyer sempat beberapa kali dilakukan pemanggilan oleh petugas, namun tidak pernah hadir sehingga diterbitkan DPO pada tanggal 27 Januari 2015. Namun akhirnya DPO yang sudah cukup lama menghilang berhasil kembali kita tangkap dan dibawa ke Polda Sumut, pangkas Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumatera Utara.

BACA JUGA:  Miras Kembali Jadi Pemicu, Pengendara Motor Tewas di Tempat Kejadian
loading...
loading...